Smart Videolearn: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Android Studio

Authors

  • Iqmal Hardiansyah Gomal STIKOM Tunas Bangsa
  • Haliza Harahap STIKOM Tunas Bangsa
  • Shauqi Abdillah Lubis STIKOM Tunas Bangsa
  • Manahara Siboan Tua Hutajulu STIKOM Tunas Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i1.11

Keywords:

Smart Videolearn, Pembelajaran Video Interaktif, Android Studio

Abstract

Penelitian ini menyajikan pengembangan SMART VIDEOLEARN, sebuah aplikasi pembelajaran video interaktif yang dirancang untuk Android Studio. Kemajuan teknologi yang pesat telah memengaruhi praktik pendidikan secara signifikan, terutama selama pandemi COVID-19, di mana pembelajaran tatap muka tradisional terganggu. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan solusi yang efektif bagi guru dan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran jarak jauh melalui media interaktif. Metodologi penelitian mencakup fase analisis kebutuhan untuk mengumpulkan persyaratan pengguna, diikuti dengan penerapan perangkat lunak menggunakan model waterfall, yang memastikan pendekatan sistematis terhadap pengembangan perangkat lunak. Pengujian dilakukan menggunakan metode pengujian black-box untuk memvalidasi fungsionalitas dan logika aplikasi, memastikannya memenuhi harapan pengguna. Temuan menunjukkan bahwa aplikasi tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar tetapi juga mendukung guru dalam menyampaikan konten secara efektif dalam lingkungan virtual. Penelitian ini berkontribusi pada bidang teknologi pendidikan yang sedang berkembang dengan menyediakan alat praktis yang memanfaatkan konten video interaktif untuk memfasilitasi pembelajaran

References

Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 7, No. 2, Februari 2021, Hal. 108-115 e-ISSN 2502- 8995 p-ISSN 2460-8181

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(2), 134–143.

Amajida, J. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Di Mts Nu Hasyim Asy ’ Ari 03 Kudus Skripsi Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Di Mts Nu Hasyim Asy ’ Ari 03 Kud. Bala, B. P., & Song, L. A. (2020). Android App for Improvising Sign Language Communication in English and Hausa. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 06(02), 15–24. Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux

Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208.

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. Informatika, 8(1), 36–44.

Williamson, B., Eynon, R., & Potter, J. (2020). Pandemic politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency. Learning, Media and Technology, 45(2), 107–114.

Phelps, C., & Sperry, L. L. (2020). Children and the COVID-19 pandemic. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 12, S73–S75. Kurniawati & Mohammad Badrul. (2021).

Penerapan Metode Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. Jurnal PROSISKO Vol. 8 No.2. September 2021

Downloads

Published

08-01-2025