PENGGUNAAN QRIS UNTUK MENINGKATKAM OMZET PENJUALAN UMKM: STUDI KASUS PADA USAHA POCOK YSP

Authors

  • Natasya Pramuda Ananta Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Tunas Bangsa Pematangsiantar
  • Eka Fania Putri STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR
  • Nazwa Khalisa Salsabil STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR
  • Lusy Anggraini Azhari
  • Muhammad Satria Pratama STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR
  • Ahmad Fadly STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR
  • Bahrudi Efendi Damanik STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR

DOI:

https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i2.32

Abstract

Pembayaran non-tunai seperti QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah hasil dari kemajuan teknologi digital. Tujuan dari QRIS, yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019 dan diwajibkan sejak 1 Januari 2020, adalah untuk membuat transaksi digital lebih mudah dan menyenangkan. Dengan 96,87 persen angkatan kerja, UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Penggunaan QRIS sangat membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam bertransaksi dengan konsumen, mengurangi risiko uang palsu atau pencurian, dan mendorong kemajuan ekonomi digital. Namun demikian, QRIS masih menghadapi masalah seperti pemahaman yang buruk tentang teknologi dan keterlambatan adopsi di beberapa wilayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai penggunaan QRIS oleh pelaku UMKM dan bagaimana hal itu berdampak pada efisiensi transaksi dan kemajuan ekonomi digital. Penelitian ini berfokus pada usaha Pocok YSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan didukung oleh kemudahan transaksi, jangkauan pelanggan yang lebih luas, efisiensi operasional, dan citra bisnis yang lebih baik, QRIS telah meningkatkan penjualan bisnis Pocok YSP secara signifikan

References

Ahmad, S. (2023). Transaksi Digital Dengan Pemanfaatan Qris Sebagai Alat Pembayaran Pada Umkm Desa Kutawargi. Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 2983–2990.

Alicia, E., & Dewi, L. G. K. (2024). Implementasi Transaksi Payment Gateaway Berbasis QRIS Pada Aplikasi Mobile Banking BRI Terhadap Kelancaran Bertransaksi Bagi Para Pelaku UMKM Di Pantai Penimbangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 14(1), 66–77. https://doi.org/10.23887/jiah.v14i1.76027

Ekonomika, J., Bisnis, D., No, V., Desember, N., Melia, L., Lumbanbatu, S., Ayu, H., Fajriani, S., & Sari, B. (2024). Analisis Perbadingan Omset Penjualan UMKM Sebelum Dan Sesudah Adanya Penggunaan QRIS Di Lingkungan Universitas Persada Indonesia. 4(6), 1880–1886.

Fauziyah, L., & Prajawati, M. I. (2023). Persepsi dan Risiko QRIS sebagai Alat Transaksi Bagi UMKM. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 1159. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.987

Kase, M. S., Babulu, N. L., & Redjo, P. R. D. (2022). Perbedaan Omzet Penjualan Umkm Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Sebatik, 26(1), 300–305. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1552

Lintang, S. K. F., Walewangko, E. N., Rorong, I. P. F., Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., Sam, U., & Manado, R. (2025). Dampak Penggunaan QRIS Pada Pelaku UMKM Sebagai Upaya Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Manado. 1, 13–25.

Mahmudati, D. A. (2023). Optimalisasi Qris Dalam Meningkatkan Skala Usaha Umkm Kawasan Pasar Kuliner Purwasera Purwokerto. JOMI: Jurnal Organisasi Dan …, 2(1). https://ejournal.mediapenamandiri.com/index.php/jomi/article/view/21%0Ahttps://ejournal.mediapenamandiri.com/index.php/jomi/article/download/21/32

Manihuruk, B. P., & Darmawan, E. D. (2021). Analisis Omzet Penjualan Pada Cv. Kaldera Panen Pertiwi Ditengah Pandemi. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 246–253. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.269

Pauline Surjadi Popang, Rati Pundissing, & Mince Batara. (2023). Analisis Perbandingan Pendapatan Sebelum dan Setelah Menggunakan QRIS Di Pasar Seni To’pao, Kabupaten Toraja Utara. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(4), 22–30. https://doi.org/10.59841/excellence.v1i4.463

Putri, I. D., Fauzita, K. A., Nursianda, A., Aulianti, F., Rais, E. H., Sibarani, N. K., & Rozak, R. W. A. (2024). Dampak Alat Pembayaran QRIS terhadap Omzet Penjualan Pedagang Kuliner. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(3), 1–16. https://doi.org/10.30640/trending.v2i3.2453

Salim, A., & Nopiansyah, D. (2023). Efisiensi Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart ( Qris ) Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Umkm Di Le Garden Palembang Indah Mall. 11(2), 1385–1396.

Sofiana Tambunan, Y., & Azwarni Sinaga, N. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Omzet Penjualan Pada Cv. Graha Mineral Arsi Sibolga. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(3), 14. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1543

Downloads

Published

11-04-2025