PERSEPSI DAN PREFERENSI MAHASISWA STIKOM TUNAS BANGSA TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET DALAM TRANSAKSI SEHARI-HARI
DOI:
https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i2.34Abstract
Perkembangan transformasi digital yang pesat telah mendorong pergeseran perilaku pembayaran masyarakat dari uang tunai ke sistem elektronik seperti e‑wallet. Mahasiswa, sebagai digital native, memegang peran strategis dalam penyerapan teknologi finansial ini. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara persepsi kemudahan penggunaan dan tingkat kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan e‑wallet untuk transaksi harian. Pendekatan kuantitatif dengan desain survei korelasional diterapkan pada 100 mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa yang dipilih melalui purposive saympling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala ELikert lima poin dan dianalisis dengan IBM SPSS Statistics 25 melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, korelasi Pearson, regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil menunjukkan rata‑rata persepsi kemudahan sebesar 4,21 dan kepuasan 4,24, namun tidak terdapat hubungan signifikan antara keduanya (r = –0,0467; p = 0,6445) dengan kontribusi varian sangat kecil (R² = 0,0022). Temuan ini mengindikasikan bahwa kemudahan telah menjadi ekspektasi dasar sehingga tidak lagi menentukan kepuasan; faktor lain seperti keamanan, keandalan layanan, dan promosi diperkirakan lebih berpengaruh. Studi ini memperluas kerangka Technology Acceptance Model dengan menekankan perlunya pendekatan multidimensional pada penelitian perilaku pengguna teknologi finansial dan merekomendasikan eksplorasi variabel eksternal pada sampel yang lebih beragam.
References
Adiani, W., Aprianingsih, A., & Purwanegara, M. S. (2021). Cashless society in progress: Capturing different generations’ perspectives toward external influence in e-wallet usage. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 24(2), 205.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Damanik, B. E., & Irawan, E. (2021). Pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Publikasi Pendidikan, 11(2), 180–186.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340.
Field, A. (2024). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage publications limited.
Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis. In Multivariate data analysis (p. 785).
Iradianty, A., & Aditya, B. R. (2020). Indonesian Student Perception in Digital Payment. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 518–530.
Prasasti, A., & Nuari, K. P. (2021). e-Wallet usage intensity and the determining factors during pandemics: A closer look on Indonesian students’ perspectives. International Journal of Research in Business and Social Science, 10(8), 94–99.
Putri, P. K., & Pramurindra, R. (2023). Factors Influencing E-Wallet Payment Usage in E-Marketplace: Digital Marketing Class Student Survey. Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(2), 229. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v20i2.13546
Sudirjo, F., Dharmawan, D., Hardayu, A. P., Nurcholifah, I., & Kurniawan, Y. J. (2023). Analysis of the Influence of Customer Perceptions of the Ease-of-Use Digital Electronic Money on Intention to Use Digital Wallet Application Ovo. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 318–324.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 (JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.