STRATEGI PENGOLAHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA GENERASI Z TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR
DOI:
https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i2.37Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif dalam menghadapi tantangan sekaligus memaksimalkan potensi Generasi Z di era digital untuk meningkatkan kematangan karier mereka. Generasi Z dikenal memiliki karakteristik unik seperti kecakapan teknologi tinggi, kemandirian, preferensi terhadap komunikasi digital, serta dorongan kuat untuk bekerja di lingkungan yang fleksibel dan bermakna. Namun, generasi ini juga menghadapi hambatan seperti kurangnya fokus, gangguan kesehatan mental akibat media sosial, serta kecenderungan berpikir instan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengandalkan wawancara dan observasi untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai hubungan antara strategi manajemen SDM dan pengembangan karier Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti pelatihan karier, peningkatan kualitas pendidikan, pemanfaatan teknologi dalam bimbingan karier, serta penyesuaian budaya kerja dengan karakteristik Generasi Z sangat diperlukan. Selain itu, keselarasan antara harapan orang tua dan anak terhadap arah karier juga berperan penting dalam mendukung proses kematangan karier. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi organisasi dan institusi pendidikan dalam membina generasi muda yang siap beradaptasi dan berdaya saing di era disrupsi digital.
References
Adityara, S., Taufik Rakhman, R., & Teknologi Bandung, I. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual.
Ajeng Purwani, D., & Kertamukti, R. (n.d.). Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual. https://www.researchgate.net/publication/338764624
Dewi Puspaningtyas Faeni, Jumawan Jumawan, Alicia Angela Yohanas, Dinda Adelia, Elsa Santika, Nur Putri Cahyaningsih, Rani Rahmadiani, & Nabella Nur Afiyah. (2023). Pengaruh Manajemen Talenta Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(3), 196–206. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i3.2467
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, A., & Palangka Raya, U. (n.d.). STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA GENERASI Z TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR.
Farunik, C. G., & Ginny, P. L. (2023). Rekam jejak artikel: Terima 30 Oktober 2021; Perbaikan (Vol. 3, Issue 1).
Fauziah Candra, M., & Ratna Sawitri, D. (2017). HUBUNGAN KONGRUENSI KARIR DENGAN ORANG TUA DAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 SEMARANG. In Jurnal Empati, Oktober (Vol. 6, Issue 4).
Gazali, H. (2021). Islam Untuk Gen Z: Mengajarkan Islam, Mendidik Muslim Generasi Z: Panduan Bagi Guru PAI. https://doi.org/10.31219/osf.io/w3d7s
Hamonangan Ismail, D., Zahera Mega Utama, M., & Verus Hardian, M. (n.d.). BUKU REFERENSI MENGENAL KONSEP, METODE DAN PRAKTEK KOMUNIKASI UNTUK GENERASI Z DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 Sudut Pandang Manajemen Sumber Daya Manusia PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Hanifah, H., & Wardono, P. (2020). IDENTIFIKASI FAKTOR PEMBENTUK PERILAKU PENCARI KERJA GENERASI Z DI INDONESIA. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.6.3.628
Istal Thofa Bhakti Nurroji Sumadi, M., Putra, R., Firmansyah, A., & Keuangan Negara STAN, P. (n.d.). PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA PROFESI AKUNTAN DALAM MENGHADAPI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. In Journal of Law, Administration, and Social Science (Vol. 2, Issue 1).
Juhro, S. M., Ridwan, & Masagus H. (2021). Munich Personal RePEc Archive Some Perspectives on Inclusive Economic Development in The New Normal Era.
Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani, Arikah Putri Afriani, & Ade Suryanda. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265
Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi, J., Penelitian, J., Wibowo, W., & Ayuningtyas, F. (n.d.). BUANA KOMUNIKASI GENERASI Z SEBAGAI KONSUMEN MASA DEPAN: KARAKTERISTIK, PREFERENSI, DAN TANTANGAN BARU. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/buanakomunikasi
Rachmawati, D. (n.d.). Proceeding Indonesia Career Center Network Summit IV e-Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja).
Sawitri, D. R. (n.d.). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul.
Shafira Putri R, Resti Monika H.G, & Delilah Azmi W.P. (2024). Strategi Manajemen Talenta untuk Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. MANABIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 94–104. https://doi.org/10.54259/manabis.v3i3.2930
Yamsih, U., & Khafid, M. (2016). Economic Education Analysis Journal PENGARUH MOTIVASI KERJA, BIMBINGAN KARIER, DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP KESIAPAN KERJA Info Artikel. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Zakiyah Rahmani, & Hastjarjo, T. D. (2022). Internet-Based i-Karier Literacy to Increase Parental Support in Adolescents’ Career Decision-Making. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 37(1). https://doi.org/10.24123/aipj.v37i1.4272
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 (JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.