PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA PT.BUMI BERKAH BOGA

Authors

  • Ayuhana Vanessya Purba Stikom tunas bangsa
  • Dea Cindiasyahwa Stikom tunas bangsa
  • Gadis Fitria Aulia Dhini Stikom tunas bangsa
  • Yusuf Alvirinsyah Saragih Stikom tunas bangsa

DOI:

https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i2.39

Abstract

Budaya organisasi adalah bagaimana karyawan memandang karakteristik budaya organisasi, bukan suka atau tidak suka.Retensi karyawan adalah kemampuan suatu perusahaan dalam menjaga agar karyawan yang memiliki potensi tetap faithful dan tidak meninggalkan perusahaan. Menjaga karyawan agar tetap bertahan merupakan tujuan utama setiap organisasi, karena keberlangsungan dan kesuksesan jangka panjang organisasi sangat bergantung pada keberhasilan retensi karyawan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang mengandalkan information berupa angka serta metode analisis statistik untuk menguji hipotesis, menarik kesimpulan, dan mengungkap hubungan antar variabel yang dikaji.Seluruh pengujian akan dilakukan dengan bantuan program SPSS(Statistical Item and Benefit Arrangements) versi 30.0.0.Berdasarkan uji reliabilitas kuesioner yang telah diolah oleh SPSS diketahui nilai reliabilitas kuesioner 0,858 yang artinya nilai Alpa Cronbach kuesioner >0,80. Kemudian ketentuan lain, reliabel atau tidaknya nilai kuesioner tersebut perlu dibandingkan dengan ketentuan reliabilitas yang sudah diakui.Berdasarkan tabel kriteria reliabilitas dan ketentuan nilai Alpha Cronbach pada kuesioner harus >0,80 maka dapat disimpulkan bahwa kuesioner yang disusun oleh peneliti adalah reliabel atau konsisten dengan kategori tinggi.

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.

Febriani, F. A., & Ramli, A. H. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Keterikatan Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 309–320. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1999

Gayatri, N. P. D. R., Wijaya, P. Y., & Hartati, P. S. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan Di PT. Karya Safari Di Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(2), 364–372.

Isti Pujihastuti. (2010). Isti Pujihastuti Abstract. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian, 2(1), 43–56.

Luli, S. I., Wenas, R. S., Walangitan, M. D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Luli, S. I., Wenas, R. S., & Walangitan, M. D. (n.d.). PENGARUH BEBAN KERJA , KOMITMEN ORGANISASI , RETENSI KARYAWAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEINGINAN PINDAH KERJA ( TURNOVER INTENTION ) PADA PT . ASTRA DAIHATSU MARTADINATA MANADO THE INFLUENCE OF WORKLOAD , ORGANIZATIONAL COMMITMENT , EMPLOYEE RETENTION . 13(1), 429–441.

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.7

Musianto, L, S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 4, 123–136.

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Susilo, A. (2013). Pengaruh Retensi Karyawan dengan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja. Jurnal Studia Akuntansi Dan Bisnis, 1(3), 247–261. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JSAB/article/view/31

Utama, W. P., Andhika, B. R. D., Fahrian, A. R., & Luthfiyah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Kenangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 3(2), 130–138. https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i2.6291

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057

Downloads

Published

11-04-2025