Perancangan Aplikasi Pembelajaran Interatif Dengan Adroid Studio Pada SMK Teladan Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i1.4Keywords:
Aplikasi Pembelajaran Interaktif, Android Studio, Teknologi Pendidikan, Media PembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi digital, khususnya dalam bidang pendidikan, telah memberikan dampak yang signifikan terhadap cara pembelajaran dilakukan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah aplikasi mobile berbasis Android yang dikembangkan menggunakan Android Studio. Aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Android memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dengan menyediakan materi yang lebih menarik dan interaktif. Namun, banyak institusi pendidikan yang masih menghadapi tantangan dalam penerapan teknologi ini, seperti kurangnya media pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Android Studio untuk menjawab masalah tersebut. Aplikasi yang dikembangkan mengintegrasikan berbagai fitur interaktif seperti video pembelajaran, kuis, dan modul latihan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas di berbagai wilayah.
References
1. Ariyanto. (2022). Pengembangan aplikasi pembelajaran coding untuk pemula berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknologi, 12(2), 34-42.
2. Hartono, D., Sari, M., & Widodo, P. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran biologi berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 18(3), 105-113.
3. Kurniawan, A. (2022). Pengembangan aplikasi pembelajaran seni rupa berbasis Android dengan fitur animasi. Jurnal Pendidikan Seni, 15(1), 78-85.
4. Nugroho, A., & Putri, N. (2021). Pemanfaatan Android Studio dalam pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 58-65.
5. Rahman, S. (2020). Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android untuk siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 23-30.
6. Rizky, F., & Kartika, A. (2023). Aplikasi pembelajaran berbasis Android untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 45-53
7. Sari, P., Widodo, S., & Hartono, D. (2024). Pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa daerah berbasis Android untuk melestarikan budaya lokal. Jurnal Linguistik dan Pendidikan, 19(4), 12-20
8. Setiawan, B., Hidayat, M., & Kurniawan,
F. (2020). Pengembangan aplikasi pembelajaran IPA berbasis Android dengan simulasi interaktif dan video pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA, 17(3), 56-64.
9. Santoso, H. (2020). Tantangan penerapan teknologi digital dalam pendidikan di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(2), 22-30.
10. Suharto, R. (2024). Pengembangan aplikasi pembelajaran agama berbasis Android dengan fitur kuis interaktif dan video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama, 16(1), 31-40.
11. Wibowo, A. (2023). Pengembangan aplikasi pembelajaran fisika berbasis Android dengan simulasi eksperimen untuk pemahaman konsep-konsep abstrak. Jurnal Pendidikan Fisika, 21(2), 15-23.
12. Wulandari, L. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis Android dengan pendekatan gamifikasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(4), 44-52.
13. Yulianto, B., & Santoso, H. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran sejarah berbasis Android dengan fitur augmented reality. Jurnal Sejarah dan Pendidikan, 14(3), 67-75.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Fadillah, Ela Permatasari, Fahri Afif Lesmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.