Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Android Studio
DOI:
https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i1.5Abstract
Teknologi telah menjadi bagian penting dalam mendukung inovasi di bidang pendidikan, termasuk pada tingkat sekolah dasar. Dalam era digital ini, penggunaan aplikasi edukasi berbasis teknologi semakin diperlukan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi edukasi berbasis Android menggunakan Android Studio yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar. Aplikasi ini dirancang dengan pendekatan user-centered design untuk memastikan bahwa antarmuka dan fungsionalitasnya mudah digunakan, relevan, serta sesuai dengan kebutuhan siswa. Konten dalam aplikasi mencakup berbagai mata pelajaran utama seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Sains. Materi pembelajaran disajikan melalui kombinasi fitur interaktif, seperti permainan edukatif, animasi visual, kuis adaptif, dan tantangan belajar yang dapat memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti sistem skor, leaderboard, dan pembaruan konten yang dapat disesuaikan dengan kurikulum. Uji coba aplikasi dilakukan pada kelompok siswa sekolah dasar untuk mengevaluasi efektivitas, keterlibatan, dan pengalaman pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi, aplikasi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pemahaman konsep pembelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang inovatif dan menyenangkan. Dengan pemanfaatan aplikasi ini, diharapkan siswa dapat lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran
References
Andrianto, S., & Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Siswa Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru. TIN : Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 83–90.
Ari, W. M. (2015). Landasan Teori JAVA. Landasan Teori Java, 2, 5–18. https://repository.um- surabaya.ac.id/640/3/Bab_II.pdf
Dewi, N. K., Irawan, B. H., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(2), 26–33.
Fadhillah, Y., Siregar, M. N. H., Aswan, N., & Hasibuan, F. A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Hadir Berbasis Mobile dalam Meningkatkan Efesiensi Sistem Kehadiran Dosen Mengajar Di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 613–
621. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.221
Fatmaningtyas, I. D. (2020). Sistem manajemen sekolah dasar berbasis web dan android. Journal of Information Management, 4(2), 173–182.
Fauzan, A. A., Subagio, R. T., Informatika, T., Catur, U., Cendekia, I., Cirebon, K., Penjualan, L., Gentong, E., & Medi, M. (2024). PEMBUATAN APLIKASI POINT OF SALES BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN RUMAH MAKAN. 8(5), 10130–10137.
Florentina Setyaningrum. (2024). Perencanaan Pengembangan Aplikasi Layanan Pasien. 1(2), 29–36.
Mariati, P., Asmarani, R., Sunanto, S., & Hardiningrum, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Seni Berbasis Mobile Learning bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5783–5792. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1741
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Rajagukguk, Dinda Padini, M.Iqram, Ahmad Yogi Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.