Perancangan Aplikasi Kamus Pendidikan Berbasis Android Pada Dinas Pendidikan Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.180997/jrsikom.v1i1.8Keywords:
Aplikasi Android, Kamus Pendidikan, MultibahasaAbstract
Di era globalisasi, kemampuan memahami berbagai bahasa menjadi kebutuhan utama, terutama dalam dunia pendidikan. Akses terhadap sumber daya belajar yang multibahasa dapat membantu siswa dan pengajar memahami materi dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi kamus pendidikan berbasis Android yang mendukung terjemahan dalam empat bahasa utama, yaitu Indonesia, Inggris, Jepang, dan Cina. Aplikasi ini dilengkapi fitur autentikasi pengguna (login dan register), splash screen interaktif berbasis animasi GIF, serta pengelolaan data kata dan terjemahan menggunakan. Metode pengembangan yang digunakan mencakup analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka modern, implementasi modular, dan pengujian untuk memastikan fungsionalitas aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi berjalan stabil pada berbagai perangkat Android, memiliki antarmuka yang ramah pengguna, serta mampu menyimpan dan menampilkan data terjemahan dengan baik. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat pendukung pembelajaran bagi siswa dan pengajar dalam memahami istilah-istilah penting dari berbagai bahasa.
References
Fadhillah, Y., Siregar, M. N. H., Aswan, N., & Hasibuan, F. A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Hadir Berbasis Mobile dalam Meningkatkan Efesiensi Sistem Kehadiran Dosen Mengajar Di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 613–621. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.221
Fatmaningtyas, I. D. (2020). Sistem manajemen sekolah dasar berbasis web dan android. Journal of Information Management, 4(2), 173–182.
Fauzan, A. A., Subagio, R. T., Informatika, T., Catur, U., Cendekia, I., Cirebon, K., Penjualan, L., Gentong, E., & Medi, M. (2024). PEMBUATAN APLIKASI POINT OF SALES BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN RUMAH MAKAN. 8(5), 10130–10137.
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wulan Putri Atmaja, Marisa Agnes Simamora, Nurul Vauzia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.